Laman

Jumat, 16 September 2011

Benang Wol, Jarum, Kain, dan Saya


Kenapa judulnya benang wol, jarum, kain, dan saya?

Yup.. Karena dari kemaren saya sibuk berkutat sama mereka.
Dan ini nih hasil ber-apatis rianya :
pembatas alkitab :)


Belum bagus ya?
Hmm.. gpp, karena dari menyulam kemarin, saya jadi dapet banyak pelajaran.

Ini nih pelajaran yang dapat saya petik (buah kali pake dipetik segala), cekidot ..
1.        Gak boleh ngejudge sesuatu dari luarnya aja

Kata siapa menyulam itu gampang?
Kata saya.

Emang keliatannya gampang sih, tinggal ngikutin gambar, tapi setelah dipraktekkan langsung. Butuh kesabaran ekstra. Apalagi kalo pake kain yang lubangnya kecil-kecil, nyam nyam deh..

Sama dengan kehidupan, terkadang manusia suka nilai orang lain yang baru dia kenal secara sekilas. Kaya pengalaman saya waktu pertama kuliah di kampus saya tercinta STIS. 
Kampus ini kan mahasiswa/i-nya gak dari pulau Jawa aja, kaya kampus2 di Jawa lainnya, ini PTK(Perguruan Tinggi Kedinasan) sehingga mahasiswa/i-nya dari seluruh daerah di Indonesia. Nah waktu awal-awal saya punya mindset mengkotak-kotakkan suku atau daerah sesuai sifat/sikapnya.
Kalo Jawa berarti ramah, Batak berarti keras, Timur berarti galak, etc.
Tapi saudara-saudara, itu salah banget!!

Saya punya temen di kelas yang udah saya anggap saudara-saudara saya,  namanya Nony dan Hany. Nony dari Sorong(Papua Barat) dan Hany dari Kupang(Nusa Tenggara Timur)..
Amazing laaa gimana baiknya mereka berdua, apalagi Hany yang dulu saya pikir jutek, ternyata..
Sampai sekarang dia cewe bungsu pertama yang saya lihat sangat dewasa, dia udah kaya kakak buat saya. Dia gak mau ngerepotin orangtua, dia lebih mentingin orang lain daripada dirinya sendiri. #give applause to her, prokprok
Dan Nony, dia gahol gila!!
Dia temen satu team saya dalam ngecengin cowo. Hahaha..
Kita punya hobby yang sama, ngomongin cowo ganteng. Mulia sekali kan hobby kami.
Mengutip omongan dia dulu : “Cowo ganteng diciptakan kan untuk dilihat.”
Bener juga, lagian sekedar ngelirik kan gak dosa..
Dan kalian tahu? Udah berapa banyak nama cowo yang kami ubah namanya, supaya enak ngomonginnya di depan orang lain juga. Hehe
Tapi itu berakibat saya sering bingung kalo dia bilang si ‘A’ atau si ‘B’ bla bla bla.. Karena udah terlalu banyak, jadi saya sering lupa si ‘A’ itu siapa, si ‘B’ itu siapa.
Kenapa ide gila ini bisa muncul?
Yup, demi memeriahkan acara ngobrol kami.. Hanya itu. Gak lebih.
Karena kalo sekedar kagum mah menurut saya boleh untuk banyak orang. Tapi untuk mencintai , itu cuma boleh sama 1 orang..  Dan siapakah lelaki beruntung itu?
Tunggu curhatan saya selanjutnya ya #eaa

2.         Gak boleh nabung masalah

Semua orang juga tahu kalii.
Yup. Bener banget.
Tapi apa semua orang selalu ngelakuin apa yang mereka tahu itu?
Jawab dalam hati masing-masing ya ..

Kaya kemaren pas lagi nyulam, ada benang yang menurut saya salah posisi, tapi saya diemin karena saya pikir itu gak akan jadi masalah, cuma salah dikit kok. Itu pikir saya.
Tapi kesalahan yang cuma sedikit itu lah yang ngebuat saya bertemu dengan kesalahan-kesalahan berikutnya. Dan akhirnya apa yang terjadi? Mumet!! Ambil jalan pintas deh, gunting aja benang-benangnya.
Selesai masalahnya?
Enggak.
Malah tambah ancur,
Dan berujung buat yang baru deh..

Gitu juga sama kehidupan manusia kan, dihadapkan sama masalah kecil gak langsung diselesein.
Ntar deh, masalah kecil ini, gak akan ngaruh banyak kok.
Tapi karena kebiasaan ‘menunda’ itulah yang akhirnya buat kita ketemu sama masalah-masalah berikutnya. Dan akhirnya kita mumet, stress. Mending kalo langsung berbalik ke jalan yang benar dengan nyelesein satu-satu tu masalah , ya walo emang mungkin butuh waktu, tenaga, kesabaran, etc,  yang lebih ekstra.

Tapi kalo kaya pengalaman saya kemaren, yang nyari jalan pintas.
Gak jarang lah manusia ngelakuin itu, karena manusia itu cenderung suka yang instan, cepet beres.
Padahal, biasanya yang serba instan itu kurang baik loh, like mie instan.
#Jangan sering-sering makan mie instan ya,, apalagi yang ngekos kaya saya. Kata dosen saya , temen-temen istrinya yang saat mudanya hobby makan mie instan, pas udah dewasa dan berkeluarga pada gak semudah istrinya itu untuk ngedapetin anak. Who knows ya, anak kan anugrah dari Tuhan, tapi kalo liat kandungan-kandungan mie itu sendiri yah emang jangan ampe doyan la ya makan mie instan, gak baik..

Halah, kenapa jadi bahas mie instan sih.

Jadi begitulah saudara-saudara, kalo kalian dan saya punya masalah sekarang, langsung beresin. Sebelumnya doa dulu sama Tuhan.

Kok jadi sok rohani?

Ya elah, Tuhan kan yang nyiptain kita. Mau semudah apapun masalah itu keliatannya, jangan disepelein. Minta bantuan Tuhan buat bantu nyelesein masalah itu, bukan berdoa supaya maslaah itu cepat berlalu. Karena masalah tu ada agar kita jadi manusia yang makin kuat karakternya, dan supaya kita makin deket sama Tuhan.
Karena manusia itu sering lupa daratan, kalo lagi ada masalah aja nyari-nyari Tuhan, kalo udah happy, yudadababay deh sama Tuhan.. Belajar untuk gak gitu lagi yuk ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar